Kamis, 20 Oktober 2016

BELITANG KOTA SWASEMBADA BERAS SUMATERA SELATAN



        Kota Belitang Kota Swasembada beras yang berada di OKU TIMUR SUMATERA SELATAN adalah kota saya berasal. Saya bangga tinggal di Belitang karena kami tidak pernah kekurangan beras. Ibu Kota Belitang adalah Gumawang, Luas wilayah Belitang I 354,50 KM2 , Belitang II 153,59 KM2 , Belitang III 153,87 KM2. Daerah Belitang terbentang dari BK(Bendungan Komering) 6-35, karena dari BK 0-5 merupakan daerah Buay Madang.

      Jika Anda sedang dalam perjalanan Anda melihat kanan dan kiri terbentang sawah dan irigasi berarti Anda sudah memasuki daerah Belitang.
Saat ini luas persawahan beririgasi teknis di Belitang mencapai 20.968 hektar. Produktivitas lumbung padi ini pun cukup menjanjikan. Jika setiap satu hektar sawah menghasilkan sekitar lima ton gabah kering panen, seluruh areal sawah di Belitang menghasilkan 104.840 ton setiap panen atau 314.520 ton selama tiga kali panen dalam setahun. Hasil panen beras tersebut dikirim diberbagai daerah di Sumatera Selatan , bahkan ke luar kota.

       Di Belitang bukan hanya menghasilkan beras saja , ada sektor budidaya ikan , perkebunan karet dan sawit , dan sayur mayur.
Meskipun Belitang adalah daerah Komering  dan Ogan, akan tetapi banyak suku yang menduduki Belitang seperti suku Jawa , Bali , Sunda , Padang,dll. 
Ada juga banyak pertunjukan seni yang ada di Belitang seperti Ngaben di Bali , Wayang Kulit , Reog ,Kuda Lumping dll.

    Jika Anda ingin membawa beras berkarung-karung silahkan datang ke Belitang hehe..

Terimakasih atas kunjungannya.....  



       










































0 komentar:

Posting Komentar